Pelepasan Personil Pindah Satuan Baru, Dandim 0832 : Tetap Jalin Silaturahmi

SURABAYA ,- Di Lapangan Kodim 0832/Surabaya Selatan Jl. Tegalsari 89 Surabaya dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera dan Pelepasan Personil Pindah Satuan Jajaran Kodim 0832 Rem 084/BJ, bertindak sebagai Pejabat-Pejabat Upacara yaitu Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan Letkol Inf Bangkit Rahmat Tri Widodo, M.Si., (Han)., MA., Komandan Upacara (Danup) Kapten Inf Sucipto, Perwira Upacara (Paup) Kapten Inf M. Hayat dan Perwira Keamanan Lettu Inf Suparno, serta Pembawa Acara Serka (K) Yuni Catur Wati, dan diikuti oleh Peserta Upacara yang terdiri dari seluruh Anggota Militer dan PNS Kodim 0832 beserta Koramil 0832/01-08, maupun Subgar, Senin 17/10/2016 pukul 07.00 WIB.
Setelah Upacara selesai, Dandim 0832/Surabaya Selatan dalam pengarahannya marilah pertama-pertama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pagi ini kita masih bisa bersama-sama di dalam kesempatan Upacara sekaligus Pelepasan rekan kita menuju ke penugasan yang baru. Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan, berkaitan dengan sekarang adalah proses Serah Terima Komando dari sebelumnya yang saya jabat kepada pejabat yang baru yaitu Letkol Inf Arynovian Hany Sampurno yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon Raider 515, Pabandya Ops Sops Kostrad kemudian menjabat sebagai Dandim 0832/Surabaya Selatan. Beliau adalah Perwira yang berprestasi karena kemarin mendapatkan Santoso saat operasi di Poso. Hal ini menyimpulkan, bahwa Kodim 0832/Surabaya Selatan bukan hanya Kodim untuk numpang lewat saja. Tapi Kodim kita sudah diakui oleh Institusi, sebagai Kodim yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak sepele. Tidak mungkin orang yang paling hebat di Indonesia saat ini atau Perwira yang terbaik, ditempatkan di suatu Satuan apabila Satuan itu bukan menghadirkan potensi pembelajaran yang lebih bagi Perwira yang bersangkutan.
Di sini ada beberapa hal yang perlu saya ingatkan lagi, terutama yang berkaitan dengan proses yang relatif rawan karena Serah Terima Komando sering diiringi dengan hal-hal yang berkualitas kerawanan. Yang pertama berkaitan dengan pengamanan Personil dan Materiil, Inventaris seluruh Materiil yang dimiliki oleh Satuan jangan sampai terjadi ada kerusakan atau kehilangan yang tidak dilaporkan dan tidak terselesaikan. Karena pada prinsipnya, saya tidak ingin membebani pengganti saya. Termasuk juga Personil, yang berkaitan dengan permasalahan Personil. Pagi ini kita lihat ada Anggota kita yang pindah Satuan dan saya tidak akan pernah melarang pindah Satuan, selama prosesnya dilakukan sesuai dengan prosedur. Karena apabila tidak dilakukan sesuai dengan prosedur, maka yang rusak adalah Organisasi. Sebagai tugas seorang Dandim, yaitu menyiapkan pensiun dari Anggotanya. Maka saya, satu yang diharapkan pasti adalah kembali ke lokasi yang diharapkan untuk menyiapkan masa pensiunnya. Saya tidak akan pernah melarang, apabila ada Anggota yang mau pindah pasti saya usulkan pindah dengan alasan itu dapat diterima akal logis dan tidak merugikan Institusi. Karenanya, saya minta seluruhnya laksanakan prosedur pemindahan Satuan dengan tepat. 
Kemudian yang kedua, penekanan saya adalah berkaitan dengan Tugas Pokok kita. Tugas Pokok kita tidak ringan, bahkan apabila saya bisa katakan Surabaya Selatan dimana cakupan wilayah kita Surabaya Pusat, Surabaya Selatan dan Surabaya Barat bagian Selatan. Kita mau melihat aman-aman saja dan ringan untuk kita kelola, untuk ringan untuk kita melaksanakan tugas di sini. Kita perlu tahu, itu hanya jiwa-jiwa yang lengah yang berpikiran seperti itu. Surabaya ini adalah Kota dengan potensi konflik yang terbesar di Jawa, jauh lebih besar dari potensi konflik di Jakarta. Karenanya, tolong dicermati betul tugas kita tidak ringan. Terutama di masa transisi ini, ada tugas yang sifatnya program agar diselesaikan dengan baik dan ada juga yang sifatnya non program untuk menunjang kegiatan program, baik yang dilakukan oleh Subgar maupun yang dilakukan oleh Anggota Kodim kita. Tolong dilaksanakan dengan baik dan kita tutup tahun ini pada Triwulan IV ini seluruhnya kita laksanakan kegiatan tanpa cacat dan celah sesuai dengan norma yang ada. Dan ini tidak akan pernah bisa terwujud apabila kita hanya mengandalkan satu dua orang, tapi kita harus bekerja secara Tim.

Yang selanjutnya masih ada waktu sekitar 2 atau paling lama 3 Minggu, mungkin saya masih ada di sini. Saya minta tolong kepada seluruh Anggota, apapun juga permasalahan baik itu permasalahan individu, Satuan, baik dari Tingkatan Koramil hingga Kodim, Subgar, termasuk juga yang berkaitan dengan pribadi saya hingga masih merupakan masalah dan mungkin saya tidak mengerti tolong disampaikan. Karena masih ada waktu kita untuk bersama-sama menyelesaikannya, sehingga pada saat Komandan yang baru masuk nanti tidak melakukan sesuatu dari nol. Yang  diharapkan sudah bisa langsung ibaratnya berlari tidak perlu merangkak berjalan, harus bisa langsung berlari karena tidak ada lagi hambatan bagi Dandim yang baru. Dan di sini terutama adalah permasalahan yang berkaitan dengan Personil Materill maupun Keuangan, karena pertanggung jawaban keuangan yang di Koramil-Koramil itu juga tanggung jawab saya, apalagi di Makodim. Sehingga tolong dilaksanakan proses penyusunan pertangung jawaban  keuangan yang baik, apapun yang kalian lakukan saya akan bertanggung jawab, saya tidak akan lari dari tanggung jawab. Tapi statusnya kita laksanakan semuanya supaya normal.

Kemudian terakhir yang ingin saya sampaikan, semua yang kita laksanakan memang tidak sempurna masih banyak cacat dan kekurangan. Tolong jadikan catatan juga, sehingga kebersamaan Kodim kita bisa lebih baik lagi. Kita tidak boleh alergi terhadap kritik, kita tidak boleh alergi untuk mengkoreksi diri kita sendiri, karena masih banyak kekurangan yang kita miliki. Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras kita selama ini, kurang lebih selama setahun kita bersama-sama saya melihat ketulusan dari Anggota untuk melaksanakan tugas pokoknya. Dan saya, dengan ketulusan mengucapkan terima kasih karena Satuan ini adalah Satuan yang saya rasakan paling nyaman saya berada mulai saya Letnan Dua sampai saat ini. Karena seluruhnya bekerja tidak hanya dengan pikiran tapi semuanya bekerja dengan hati.

Dan semoga ke depannya kita bisa melakukan dharma bakti kita jadi lebih baik lagi, karena tuntutan ke depan semakin sulit. Ke depan tidak semakin mudah dan nama Satuan ini ada di pundak kita semuanya, bukan hanya di pundak Pimpinannya. Sehingga do’a dan perhatian saya tetap teriring untuk Satuan ini sampai kapanpun juga, hingga kelak nantinya silaturahmi jangan sampai putus. Apapun juga yang masih bisa kita jalin sebagai sesama manusia jangan sampai terputus hanya karena jabatan lokasi dan tempat, sebagaimana juga 3 (tiga) Orang rekan kita yang pindah tugas ke tempat yang baru. Kita harapkan jalinan silaturahmi, sebagai Keluarga Besar Kodim Surabaya Selatan tidak akan pernah luntur. Dan itu yang perlu saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya,” pungkas Letkol Inf Bangkit Rahmat Tri Widodo, M.Si., (Han)., MA., yang sebentar lagi akan menduduki jabatan sebagai Pabandya-4/Dik LN Spaban II/Bindik Spersad.

Perlu diketahui, daftar nama Personil yang pindah Satuan baru yaitu Serma Rohmat Effendi (Jabatan lama Bamin Sintel Dim 0832 Rem 084/BJ, Jabatan baru Ba Korem 081/DSJ), Serda Jasim (Jabatan lama Ba Log Silog Dim 0832 Rem 084/BJ, Jabatan baru Ba Korem 083/BDJ), Kopda Sugiono (Jabatan lama Tamudi Ramil 0832/08 Dim 0832 Rem 084/BJ, Jabatan baru Ta Korem 083/BDJ).

(MCDim0832_Srt Ags)

No comments